Jumat, 07 Oktober 2011

Individu, Keluarga , dan Masyarakat

  • Pengertian Individu
            Individu adalah manusia yg memiliki kepribadian yg khas. Individu memiliki 3 aspek yaitu aspek organik, aspek rohani dan aspek sosial, Individu juga memiliki ciri-ciri suatu pikiran dan diri, hal itulah yg membedakan setiap individu yg satu dengan yg lainnya.

  • Pengertian Keluarga
            Keluarga adalah beberapa individu yg membentuk kelompok sosial, yang awalnya terdiri dari 2 individu yg mengikat janji, menikah dan mempunyai anak. Keluarga juga dapat dikatakan sebagai lingkungan kecil yg masih terdapat ikatan sedarah. Fungsi dari Keluarga adalah, sebagai tempat berbagi, sebagai tempat mulainya anak mendapatkan bimbingan, sebagai tempat memperkenalkan agama sebagai keyakinan kepada anggota keluarga, yg mengatur kehidupan di dunia, dan kehidupan lain setelah dunia, dan sebagai tanggung jawab seorang kepala keluarga yg harus menafkahi istri dan anak.


  • Pengertian Masyarakat

           Masyarakat adalah sekelompok individu dalam jangkauan luas, yg memiliki hubungan, memiliki kepentingan bersama, dan memiliki budaya. Setiap lingkungan masyarakat terdapat suatu kerja sama untuk membangun tujuan bersama. Sebagai contoh adanya kegiatan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan sekitar yg mereka huni. Setiap lingkungan masyarakat juga perlu adanya keamanan, sebagai contoh kegiatan Poskamling. Jadi berdasarkan kegiatan-kegiatan yg ada dimasyarakat merupakan sebagai suatu fungsi dari masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar