Selasa, 18 Oktober 2011

Pemuda dan Sosialisasi

  • Pengertian Pemuda
          Pemuda adalah manusia-manusia muda yang perlu bimbingan agar dapat meneruskan perkembangan bangsa menuju yang lebih baik 
  • Pengertian Sosialisasi
          Sosialisasi adalah Proses bagaimana individu mempelajari kebiasaan yang termasuk dalam cara-cara hidup, nilai hidup, dan norma yang terdapat pada masyarakat. Semua itu memerlukan proses Internalisasi belajar dan sosialisasi yang di maksud menghayati serta mempelajari cara hidup, nilai hidup, dan norma yang terdapat pada masyarakat. Proses Sosialisasi itu adalah tahap-tahap pembentukan kepribadian seseorang. Peranan sosial mahasiswa dan pemuda di masyarakat adalah sebagai suatu pembelajaran kepada pemuda lebih menghargai cara hidup, nilai hidup, dan norma kehidupan, dan juga menjadikan pemimpin bangsa yang lebih baik lagi.

  • Pemuda dan Identitas
           Pola dasar pembinaan dan pengembangan generasi muda di tetapkan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan dalam keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan No : 0323/U/1978 tanggal 28 Oktober 1978. Terdapat dua pokok pembinaan dan pengembangan generasi muda yaitu : Generasi muda sebagai subyek pembinaan dan pengembangan generasi muda adalah mereka yang mempunyai kemampuan untuk mandiri dalam keterlibatan secara fungsional dalam mengatasi masalah-masalah bangsa, dan Generasi muda sebagai obyek pembinaan dan pengembangan generasi muda adalah pemuda yg memerlukan bimbingan ke arah pembentukan potensi dan kemampuan yang optimal agar dapat mandiri dan melibatkan secara fungsional.

  • Masalah-masalah generasi muda 
  1. Menurun jiwa idealisme, patriotisme, dan nasionalisme para pemuda.
  2. Kurang kepastiannya masa depan yang di alami para pemuda.
  3. Fasilitas kependidikan dan jumlah pemuda belum seimbang.
  4. Lapangan kerja yg sempit.
  5. Terhambatnya perkembangan kecerdasaan karena kekurangan gizi
  6. Adanya pergaulan bebas yang merusak generasi muda.
  7. Penyalahgunaan Narkotika yang terjadi pada generasi muda.
  8. Perkawinan di bawah umur meraja lela.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar